Posted by : Andi Kurniawan Kamis, 26 Juli 2012

Mengapa urutan kabel LAN diurutkan seperti di bawah ini?

Mungkin anda TIDAK PERNAH berfikir sampai ke situ. Karena mungkin yang anda tahu hanyalah membuat kabel berjenis STRAIGHT dan CROSS saja. Tetapi, ternyata ada maksud mengapa urutan kabel LAN seperti di gambar.

Oke Langsung saja kita ke TKP.

Mengapa kabel LAN berurutan seperti yang di gambar, di mana anda mungkin telah mempelajari teori tentang jaringan dan anda telah sampai pembuatan kabel LAN secara praktek. Tetapi pernahkah anda berfikir mengapa kabel LAN berurutan seperti itu?.
Kabel LAN berwarna berurutan seperti itu karena ada fungsinya. Fungsi tersebut ternyata sama seperti cara kerja PELANGI.


Anda pasti mengerti PELANGI kan?. Tentu berbagai macam warnanya bukan. Nah, mengapa terjadi pelangi?, karena ada pembiasan CAHAYA ke AIR.
Tetapi ada pertanyaan yang berhubungan dengan warna kabel LAN tersebut. Yaitu, mengapa pelangi dapat membiasakan warna yang berwarna - warni?,
Jawabannya, karena pancaran matahari saat membias/melewati air tersebut memiliki panjang gelombang yang berbeda - beda, sehingga menghasilkan warna yang berbeda - beda pula.

Nah, hubungannya dengan kabel LAN tersebut, setelah diperhatikan warna yang cepat membias dalam pelangi adalah warna yang terang, sehingga urutan kabel LAN distandarkan seperti di gambar.

Coba anda perhatikan, ternyata warna -warna yang terang tersebut mempengaruhi kecepatan koneksi kita.


Seperti teori pelangi, warna yang paling cepat membias adalah warna yang terang. Sama seperti kabel LAN.  
Mengapa urutannya seperti di gambar?, karena urutan tersebut merupakan aliran koneksi yang terbaik dari pada urutan - urutan koneksi yang lain.

Itulah pengaruh urutan warna pada kabel LAN, mungkin cukup sampai di sini, apabila ada pertanyaan, bisa isi form di bawah. Terima Kasih.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Search

Soal Latihan SMK 2013

Facebook Sisa Terakhir

Popular Post

Counter Visitor

Followers

- Copyright © Sisa Terakhir -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -